Zidane: Barca Tak Selalu Seberuntung Ini

Penasihat Presiden Real Madrid Zinedine Zidane menilai mengucapkan selamat kepada Barcelona yang sukses membangun tim senior yang kuat dengan pemain dari akademi La Masia. Namun, menurutnya, hal seperti itu sulit diharapkan berlangsung konsisten.
Sebanyak tujuh pemain starter yang diturunkan Pep Guardiola pada final Liga Champions 2010-2011 adalah lulusan La Masia, misalnya Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Barcelona akhirnya keluar sebagai juara setelah menekuk Manchester United 3-1.
"Barcelona beruntung memiliki generasi instimewa yaitu tujuh atau delapan pemain dari sistem pembinaan pemain muda. Namun, Anda tak akan melihat banyak generasi seperti itu," ujar Zidane.
Mengenai kebijakan transfer Madrid, Zidane menilai klubnya punya perhatian besar kepada pembinaan pemain muda. Namun, menurutnya, itu menjadi tidak terlihat karena banyak pemain binaan Madrid bersinar di tempat lain.
"Sekalipun banyak yang akan berpikir sebaliknya, kebijakan Real Madrid mengutamakan pengembangan pemain muda. Kita bicara soal nilai transfer 75 atau 93 juta euro untuk Cristiano Ronaldo. Namun, tak banyak yang bicara soal pemain di liga ini yang muncul dari akademi Madrid," ujar Zidane lagi.
"Ada kesulitan bagi pemain-pemain ini untuk masuk tim utama. Jadi, mereka mengembangkan talenta mereka di tempat lain," tambahnya.

Sumber : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar